sastra bali



AKTE KELAHIRAN ........................ORANG BALI JUGA PUNYA
            Pertiti adalah sebuah alat bukti yang berisi data atau catatan tentang kelahiran seorang bayi dari dan  kewajiban upacaranya   orang orang Bali. Ditulis dalam selembar Daun Lontar. Dibuat oleh orang orang tertentu yang memiliki talenta dan kewenangan untuk itu ( opini sementara penulis     085237830081).
            Apakah Pertiti hanya sebagai akte kalahiran orang Bali ? Pertanyaan ini sebenarnya tidak cukup mewakili tentang apa sebenarnya yang terkandung dalam pertiti tersebut. Dalam satu kesempatan, penulis menemui Bpk. IDA BAGUS RAKA seorang pensiunan PNS yang sekarang berstatus pemangku di keluarga besarnya. Beliau sedang duduk menulis Pertiti yang dimohonkan oleh seorang warga di lingkungannya ( west of Tirtagangga ). Secara turun temurun, beliau menjalankan kewajibannya…. Membuat Pertiti ….yang kebetulan masih dipercaya oleh masyarakat agamis di sekitarnya. Beliau juga sering menerima kunjungan mahasiswa yang  berkaitan dengan Pertiti, bahkan dari Mahasiswa Sastra Luar Negeri.
Secara detail mengenai Pertiti akan diuraikan pada postingan berikutnya, mengingat ini bukanlah topic yang sembarangan, maka diperlukan keakuratan data lewat perbincangan yang mendalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini