Cara Membuat Judul Tulisan Menyesuaikan Kata Kunci


Dalam menulis postingan, saya lebih suka membuat konsepnya terlebih dahulu. Setelah itu dulakukan editing dan proofreading, sehingga dapat diketahui letak kesalahan dalam tulisan. Apakah itu beberapa huruf yang salah ketik ataupun ejaan dan pemakaian kata berulang dalam satu kalimat.
Alur cerita dalam paragraf satu ke paragraf lainnya pun juga harus menjadi perhatian, sehingga pembaca tidak merasa harus melompat-lompat dalam membaca tulisan Anda.
Bagian yang juga tidak kalah pentingnya adalah dalam menentukan judul tulisan yang akan kita publish. Tidak peduli apakah Anda membuat judul tulisan terlebih dahulu baru isinya, atau isinya dulu setelah itu dicari judulnya, tetapi yang pasti judul tulisan Anda akan sangat mempengaruhi apakah orang akan membaca tulisan Anda atau tidak.
Judul yang baik berarti tulisan Anda memiliki kesempatan lebih untuk dibaca. Demikian pula dengan judul yang baik plus mengandung kata kunci, berarti tulisan Anda lebih dekat kepada nomer 1 di Google karena tulisan Anda akan lebih mudah ditemukan di search engine jika menggunakan kata kunci.
Bagaimana cara membuat judul tulisan yang menyesuaikan dengan kata kunci?
Saya akan memberikan contoh langsungnya.
1. Blogger Terobsesi Pada Daftar Blog Dofollow.
2. Daftar Blog Dofollow Menjadi Obsesi Blogger.
Mana yang akan Anda pilih?
Saya memilih nomer dua daripada nomer satu. Dengan alasan keyword yang digunakan. Memang keyword blogger juga banyak dicari, tetapi tingkat persaingannya sangat tinggi [mungkin puluhan juta halaman]. Keyword blogger terlalu luas dan digunakan juga dalam bahasa Inggris. Mampukah kita bersaing dengan keyword tersebut di Google?
Alasan untuk memilih daftar blog dofollow karena cakupannya lebih lokal dan tingkat persaingannya juga tidak terlalu tinggi. Jika perlu, pelajari juga tentang Long Tail Keyword, Anda akan tahu kenapa memilih daftar blog dofollow sebagai keyword dibandingkan dengan blogger.
Contoh lainnya adalah:
1. Sulitnya Menemukan Blog Bagus.
2. Blog Bagus Sulit Sekali Ditemukan.
Kata kunci yang saya gunakan adalah blog bagus. Saya memilih menggunakan judul tulisan yang kedua, meskipun bahasanya pasif, tidak seperti yang pertama aktif.
Pengalaman saya, saya kalah bersaing [meski sama-sama di halaman depan] jika frasa kata kunci ada di bagian belakang dari judul yang digunakan.
Seperti itulah cara saya membuat judul tulisan dengan menyesuaikan kata kunci yang digunakan. Tidak jarang saya mengganti judul tulisan beberapa kali hingga merasa sreg sebelum di publish. Semoga bermanfaat.
Apakah Anda juga memikirkan urutan judul tulisan menyesuaikan dengan kata kunci?

Komentar

Postingan populer dari blog ini