MITIGASI CARA SAYA .....AYO PEDULI BENCANA ALAM DI SEKITAR KITA

Belakangan ini..setelah sekitar 5 bulan terlewati, masyarakat sekitar Gunung Agung sudah beraktifitas normal dan terbiasa dengan situasi Gunung Agung. Status masih awas dengan jarak rawan sejauh 6 km dari puncak. Ada kalanya saya berfikir...apakah Gunung Agung sudah mendekati kondisi normal ? Beberapa alat pantau seperti seismogram kadang off sejak minggu lalu. Secara teknis kita tidak tau apa yang terjadi dalam badan gunung. Secara visual..jelas akan berbeda menurut penilaian setiap orang. Bagi yang tidak pernah fokus mengamati perkembanga Gunung Agung, mungkin mengatakan tidak apa apa alias oooh sudah aman. Karena mereka menilai berdasarkan kejadian yang pernah terjadi sebelumnya. Pernah panik..ngungsi..tapi sekarang sudah tidak lagi,  bahkan sudah aktif di kampung sendiri. Tapi bagi orang yang mengamati dengan rutin, terutama relawan yang fokus mengamati visual lewat kamera, video dan analisa data sederhana semampunya...mungkin akan memiliki penilaian sendiri.Saya..yang notabene berada di jalur kuning dan sering mengamati  Gunung Agung secara data dan visual karena pintu keluar rumah langsung berhadapa denga Gunung Agung...walaupun dengan keterbatasan kemampuan. Saya sering membandingkan video yang terjadi hari hari sebelumnya dengan keadaan terkini. Saya sering membandingkan data seismogram pada saat saat tertentu dengan visual yang nampak. Saya sering mencari refrensi data yang berpengaruh terhadap aktifitas Gunung Agung. Saya sering..saya sering dan sering melakukan hal yang bisa membuat saya agak nyaman. Saya sebagai bagian dari Penjaga Gunung Agung ( karena selalu terjaga )...hanya bisa menjaga dan terjaga setiap saat. Bencana alam identik dengan kehendak Tuhan. Bencana alam tidak bisa diramal. Bencana alam tidak bisa diprediksi...hanya bisa dijalani. Tapi saya pribadi berfikiran bahwa bencana alam bisa dihindari dengan mengecilkan resiko kalau kita paham dan tanggap dengan sinyal bahaya yang ditunjukkan oleh alam itu sendiri. Kita hanya butuh sehat..tetap bisa terjaga dan kondisi psikis yang prima saat menghadapinya.
Saya banyak ngelantur karena di otak banyak sekali pikiran tentang Gunung Agung..tentang beberapa kali kejadian setelah ada perubahan pada data data teknis..Iibarat togel...saya sering membuat prediksi...melihat realitanya dan membandingkan dengan pendapat para ahli....Hanya Tuhan yang tau...apa yang saya pikirkan saat ini. 
Saya hanya bisa shooting...edit dan simpan video saya di penyimpanan saya. Ada disini Gunung Agung hri ini 6 Pebruari 2018.

Sedangkan semua video saya tentang apa yang bagi saya harus dilakukan...saya simpan disini Semua video original shootingan saya

Semoga Tuhan berkenan menjauhkan kita semua dari mara bahaya...amiiiinnn

Komentar

Postingan populer dari blog ini