TIPS  MEMBUAT  BISNIS  GARDEN
(kebun bunga )

                                                
            Ya… keadaan selama kurang lebih  20 tahun memang sanggup mengubah lokasi kosong miliknya menjadi sebuah ladang usaha. Berawal dari hobbynya yang suka dengan tanaman, Pak Yok ( owner padma indra garden ) memulai merawat beberapa tanaman yang saat itu disukai. Sama sekali ga ada tujuan untuk komersil seperti sekarang ini. Hanya seneng memelihara dan ditata rapi di sekeliling halaman rumahnya. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, maka koleksi yang dimiliki hamper memenuhi halaman rumahnya. Sehingga satu ketika, semua tanaman hiasnya dipindahkan ke areal persawahan miliknya yang kebetulan berada di pinggir jalan raya.
   
                                                                                                                                                  
            Yang namanya permintaan pasar, dengan adanya minat orang lain untuk membeli maka Pak Yok mulai menekuni hobbynya berkebun lebih serius. Banyak jenis tanaman didatangkan dari tempat lain yang ada di Bali. Upaya memperbanyak jenis tanaman itu  tuterus dilakukan. Dan secara  tidak sadar, yang semula hanya hobby kini sudah berubah menjadi ladang bisnis yang cukup menguntungkan. Tanah seluas 40 are tersebut sudah bertambah menjadi 60 are. Dari jauh kelihatan seperti hutan di tengan hamparan bangunan.
            Keadaan yang sudah begini ini memang sebuah hasil kerja kerasnya, buah kesabaran selama bertahun tahun. Anak anak bisa kuliah, bisa membangun rumah, bahkan yang terpenting adalah bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Bagaimana tidak… dengan 8 anak buahnya yang aktif sekarang, tidak hanya merawat semua jenis tanaman yang ada seperti menyiram 3 kali sehari, memupuk  bahkan menanam untuk  memperbanyak, tetapi juga melayani pekerjaan borongan seperti menyediakan semua jenis tanaman hias  dan langsung menanamnya. Banyak sudah kantor pemerintah, rumah pribadi, hotel, bungalow di kawasan Bali Timur  dan lainnya mempercayakan  pengaturan landscapenya sama pak Yok. Pundi pundinya terus bertambah… yak arena ditempatnya tersedia banyak sekali jenis tanaman hias dengan harga mulai Rp.5.000 sampai Rp.15 juta sebuah. Salah satu contohnya adalah bonsai beringinyang dihargai  segitu, karena telah beberapa kali memenangkan kontes.



                                                   

            Selama 20 tahun ditekuni… semua kebutuhan hidupnya sudah terpenuhi. Dari Modal awal sekitar 20 juta, saat ini bisa diperkirakan sudah membengkak menjadi 70 kalinya. Fantastis ya… Hobby memang berbanding lurus dengan uang.
           

           

Komentar

Postingan populer dari blog ini