TIPS MEMBUAT HIJAU LAHAN SEMPIT HALAMAN RUMAH DI KOTA


CARA  MENANAM  POHON  DALAM  POT   VERTIKAL
( TABULAMPOT  VERTICAL )

            Seperti yang sudah ditulis sebelumnya ( www.hobbymencariuang.blogspot.com), ada beberapa cara membuat tabulapot  atau tabulampot yang akan kita aplikasikan di pekarangan rumah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, dalam arti lebih banyak jumlah dan jenis tanaman yang dapat ditanam pada areal halaman yang sama, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah  dengan membuat tabulampot gaya vertical.
Caranya adalah sebagai berikut :
Bahan :
-          Bahan pot terbuat dari pipa paralon ukuran diameter minimal 15 cm. sepanjang 1,5 m. Untuk di daerah pedesaan yang minim air, boleh menggunakan bamboo petung ( bamboo yang besar )
-          Satu ujung ditutup dengan tutupan pipa yang sesuai. Ini untuk bagian bawah nantinya. Bagian terbuka akan menghadap ke atas.
-          Pada bagian batang pipa dibuatkan lubang. Sebaiknya dengan membuat coakan .Caranya buat potongan datar selebar 3 – 5 cm. Dari ujung bekas potongan dibuat potongan ke bawah sehingga terbentuk huruf V atau U . Cukup setinggi 3 cm saja.
-          Buat zig zag  di sekeliling pipa, dengan jarak ketinggian satu lubang dengan yang lainnya sekitar 20 – 30 cm.
-          Lubang  atau coakan paling bawah minimal berjarak 20 cm dari dasar pipa bertutup.
Cara menanam :
-          Isi pipa dengan media , susunannya seperti yang sudah dijelaskan, Ada sedikit perbedaan menaruh sabut atau ijuknya yaitu usahakan  ada di setiap atas coakan.
-          Tanam bibit tanaman di coakan yang sudah tersedia.
-          Siram media sampai basah, proses awal harus hati hati karena media masih labil sehingga rawan ikut hanyut.
-          Semprot tanaman dengan MOA buatan sendiri ( lihat www.hobbymencariuang.blogspot.com)
Jenis tanaman yang bisa ditanam :
-          Biasanya berbagai jenis sayuran jangka pendek seperti sawi hijau, sawi putih, kol, seledri dan lain lain yang dikombinasikan selang seling sesuai selera.
-          Posisi tanamnya yaitu kol ditanam di bagian atas atau mulut pipa.
Kalau ada yang sudah mencoba… silakan sharing di blog saya lewat komentar. Trims.

Komentar

Postingan populer dari blog ini