TIPS MURAH MENGHIJAUKAN HALAMAN RUMAH DI PERKOTAAN


 (TABULAPOT/ TABULAMPOT )
CARA MENANAM POHON BUAH BUAHAN DALAM POT



            Dengan semakin berkurangnya lahan terutama di daerah perkotaan, tidak berarti kita tidak bisa menyalurkan hobby bagi yang suka menanam pohon atau berkebun. Banyak cara yang bisa dilakukan. Tetapi untuk penghobby yang mau menerapkannya di pekarangan rumah yang terbatas, satu satunya cara adalah menanam pohon tersebut di dalam pot ( tabulapot atau tabulampot ).
 Kali ini kita coba satu cara yaitu Cara Menanam Pohon Buah di Dalam Pot Tunggal. Cara lain ( Tabulampot vertical ) akan diposting terpisah dalam blog ini ( www.hobbymencariuang.blogspot.com )
Langkah satu.
-          Siapkan tempat atau pot yang akan ditanami. Boleh dari plastic polybag, ember bekas drum bekas, ban bekas ataupun pot tanah yang artistic.
-          Siapkan media tanam yang terdiri dari tanah humus, pasir, koral/ beling, serabut kelapa/ijuk, pupuk kandang. Sebaiknya dijemur terlebih dahulu sampai kering.
-          Siapkan bibit tanaman buah, seperti mangga, nenas, jeruk, kedondong, durian, sawo,dan lain lain sesuai selera anda.
Langkah kedua.
-          Campur media tanam seperti tanah, pasir,pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
-          Masukkan material pada pot yang sudah dilubangi pada bagian bawahnya dengan susunan sebagai berikut :
o   Paling bawah koral atau beling setinggi minimal 3 – 5 cm.
o   Diatasnya taruh ijuk atau sabut kelapa setebal 3 – 5 cm.
o   Masukkan campuran media sampai penuh atau rata permukaan pot.
-          Pangkas beberapa helai daun anakan.
-          Buat lubang pada tengah tengah media. Dalamnya disesuaikan dengan tingginya anakan. Tanam anakan, padatkan tanahnya.
-          Siram sampai semua media basah, lalu taruh di tempat teduh.
-          Penyiraman cukup sekali sehari pada pagi hari, atau usahakan tanah cukup lembab.
-          Tunggu sampai daunnya segar, dan setelah tumbuh tunas muda yang baru maka tanaman sudah boleh dipindahkan ke tempat yang kena sinar matahari langsung.
-          Jangan lupa Pupuk dan Semprot tanaman dengan Pupuk Organik Cair bikinan sendiri/ MOA/ MOL ( klik di blog saya…www.hobbymencariuang.blogspot.com cara membuat dan keunggulannya).
-           Selamat berkebun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini